Laman

Minggu, 27 September 2015

Tips Sehat membuat Kopi yang Enak



Cara membuat kopi yang enak mungkin yang paling banyak dicari para penggemar kopi. Namun, kopi enak tidak menjamin kesehatan, maka faktor kesehatan juga penting untuk diperhatikan ketika membuat kopi, sehinga kopi tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. Bagi penggemar kopi, minuman ini memiliki beberapa macam manfaat, seperti mengatasi stress dan menghangatkan tubuh di kala cuaca dingin.



Minum secangkir kopi akan sangat nikmat. Tapi, ada beberapa langkah dan tips ketika membuat kopi sendiri sehingga rasannya enak, dan tidak membahayakan kesehatan kita. 

Berikut ini penjelasannya:

Tidak Menambah Sirup Perasa

Kopi yang diberikan tambahan sirup perasa ini memang rasanya menjadi lebih enak, tapi tidak menyehatkan. Sirup perasa ini mengandung bahan kimia sehingga seharusnya tidak dimasukkan ketika membuat kopi karena kandungan gula di dalamnya tidak baik untuk kesehatan tubuh.
Pilihlah Pemanis Alami
Cara membuat kopi yang enak selanjutnya adalah dengan menggunakan pemanis alami. Jadi, bagi Anda penggemar kopi manis, selalulah pilih gula alami dan takarlah secukupnya saja sehingga kopi menjadi enak dan sehat.

Masukkan Tambahan Kayu Manis

Agar kopi memiliki rasa yang enak dan khas, kayu manis bisa ditambahkan ke dalam minuman kopi. Kayu manis memiliki rasa yang unik sehingga kopi yang disajikan akan terasa berbeda. Manfaat kesehatannya, kayu manis mampu menurunkan kadar trigliserida yang menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol.

Penggunaan Kertas Filter

Banyak orang yang tidak puas dengan membeli kopi kemasan, makanya mereka membuat kopi sendiri dengan cara menggilingnya. Jika memang demikian, selalulah menggunakan kertas filter ketiak menyaring bubuk kopi sebelum akhirnya diseduh. Kertas filter ini memiliki kemampuan menyaring bahan-bahan berbahaya sehingga ketika Anda meminumnya, bahan tersebut tidak dikonsumsi.

Menambah Bubuk Kakao

Kakao merupakan bahan utama pembuatan cokelat, sehingga bila ditambahkan ke dalam minuman kopi, maka membuat kopi terasa lebih enak dan berbeda dengan kopi pada umumnya. Selain itu, dari segi kesehatan, kakao memiliki kandungan yang tinggi akan zat anti oksidan. Zat ini merupakan pencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

Menambahkan Jahe

Tanaman rimpang ini seringkali digunakan sebagai obat, dan bila ditambahkan ke dalam kopi, akan membuat kopi memiliki cita rasa yang khas dan enak. Tanaman rempah ini memiliki khasiat ampih mengatasi sakit tenggorokan dan meredakan demam.

Tips Meminum Kopi

Selain cara membuat kopi yang enak tadi, kopi sebaiknya diminum pada waktu yang tepat. Minuman kopi akan sangat nikmat bisa dikonsumsi pada pagi hari sambil membaca koran pagi. Tapi, tidak baik meminum kopi pada sore atau malam hari. Pada jam tersebut, tubuh kita seharusnya istirahat. Kadar kafeinnya akan membuat kita terjaga dan susah tidur.
Pilihlah waktu yang tepat, makan kita akan mampu menciptakan kopi yang enak dan sehat dengan memperhatikan cara membuat kopi yang enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar